Minggu, 12 Juli 2020

Ingin Menggunakan PC Rakitan atau Laptop? Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Bagi Anda seorang Gamer atau Video Editor tentunya memerlukan perangkat yang baik dalam untuk menjalankan aktivitas. Saat ini sudah sangat banyak merk Laptop ataupun PC (Personal Computer) dengan berbagai spesifikasi dan harga yang beragam pula. Namun dalam memilih perangkat tersebut pasti memerlukan berbagai pertimbangan, baik dari segi harga maupun spesifikasi. Sebagian besar orang lebih memilih laptop untuk mereka yang sering bepergian. Tetapi adapula yang menggunakan PC yang dirakit karena ingin mencari spesifikasi yang tepat untuk mereka. Nah, untuk mereka yang masih bingung memilih, akhyar.id membahas kelebihan dan kekurangan dari PC Rakitan dan Laptop sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli perangkat untuk gaming/editing. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari PC Rakitan dan Laptop:

PC RAKITAN VS LAPTOP

1. PC Rakitan
Komputer untuk jaman saat ini memang sudah sangat jarang digunakan. Kebanyakan hanya ditemukan di kantor-kantor. Namun sebagian orang masih menggunakan komputer secara pribadi di rumah mereka. Salah satu faktor utamanya adalah komponen dapat disesuaikan sendiri. Mulai dari RAM, VGA, Processor, Motherboard, hingga Casingnya dapat dimodifikasi sedemikian rupa seperti yang kita inginkan. Dengan penyesuaian seperti ini, bagi pengguna PC rakitan dapat dengan mudah mengupgrade atau mengganti komponen komputer jika terdapat kerusakan di hardware tertentu.

Di balik kelebihannya tentunya terdapat kekurangan. Kekurangan yang utama dalam menggunakan PC rakitan yaitu sulitnya untuk dibawa kemana-mana. Bagi anda yang suka travelling pastinya PC rakitan ini sangat tidak direkomendasikan. Selain itu penggunakan listrik juga lebih boros karena komponen dalam komputer yang banyak. Dalam membuat PC rakitan pun tentunya membutuhkan ilmu tentang merakit komputer. Pengguna harus mengerti komponen-komponen dalam komputer dan tahu cara memasangnya. Namun kekurangan ini boleh tertutupi dengan menggunakan pihak ketiga untuk merakit komputer tersebut.

Secara ringkas, kelebihan dan kekurangan PC rakitan dapat dilihat pada tabel berikut:

Kelebihan dan Kekurangan PC Rakitan

2. Laptop
Siapa yang tidak kenal Laptop? Di era canggih saat ini hampir setiap orang menggunakan laptop. Kebanyakan orang menggunakan laptop untuk mereka yang mengerjakan tugas di luar rumah seperti di cafe, kampus, restoran, wisata outdoor, dan tempat lainnya. Keunggulan laptop inilah yang banyak memikat para pengguna untuk membeli laptop. Selain desain unik dan mudah dibawa kemana-mana, laptop juga menggunakan listrik yang lebih sedikit. Bagi pengguna yang tidak mengerti komponen-komponen komputer tentunya laptop adalah pilihan yang tepat. Laptop telah didesain untuk langsung digunakan tanpa perlu diutak-atik seperti PC rakitan.

Kekurangan laptop itu sendiri kebalikan dari kelebihan PC rakitan. Akan sangat sulit jika terdapat komponen yang ingin diganti. Kesulitan tersebut dikarenakan kebanyakan komponen laptop telah menancap permanen di motherboard, misalnya processor. Selain itu harga laptop bisa dibilang lebih tinggi dibandingkan merakit komputer baik itu biaya laptopnya maupun biaya servisnya. Jadi buat yang memiliki low budget disarankan untuk merakit komputer saja.

Secara ringkas, kelebihan dan kekurangan laptop dapat dilihat pada tabel berikut:

Kelebihan dan Kekurangan Laptop

Jadi pilih mana? PC rakitan atau laptop? Itu tergantung kebutuhan anda. Jika anda seorang traveller maka beli-lah laptop. Namun jika anda suka memodifikasi dan cuman bekerja di rumah maka rakit-lah PC. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

1 komentar so far

Makasih udah share info ini ya, bermanfaat.
Ditunggu kunjungan baliknya ke Web Saya ya : Toko Komputer Online Terpercaya atau agrestips.wordpress.com

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...